Call Us On : (0721) 781150 | Email : smandalas@yahoo.com |

PENERIMAAN PPDB TP 2022/2023

PENERIMAAN PPDB TP 2022/2023

A.   SYARAT PENDAFTARAN

Persyaratan sebagai calon peserta didik baru SMA Negeri 12 Bandar Lampung tahun pelajaran 2022/2023 adalah sebagai berikut :

1.      Telah   dinyatakan   lulus   dan   memiliki   Ijazah/SKL dari  SMP/sederajat atau dokumen lain yang menjelaskan telah menyelesaikan kelas 9 (sembilan) SMP.

2.      Berusia paling tinggi 21 (dua puluh satu) tahun pada tanggal 01 Juli 2022

3.      Kartu Keluarga atau surat keterangan domisili dari rukun tetangga atau rukun warga yang dilegalisir oleh Lurah/Kepala Desa atau pejabat setempat yang berwenang.

4.      Pas foto 3x4 cm

5.      Bukti keikutsertaan Peserta Didik dalam program penanganan keluarga tidak mampu dari Pemerintah , berupa Kartu Keluarga Sejahtera (KKS)/ Kartu Perlindungan Sosial (KPS)/ Kartu Keluarga Harapan (KKH)/Kartu Indonesia Pintar (KIP), Kartu Indonesia Sehat ( BPJS KIS) (untuk jalur Afirmasi)

6.      Surat penugasan dari instansi, lembaga, kantor, atau perusahaan yang mempekerjakan ( untuk jalur perpindahan orang tua/wali)

7.      Bukti prestasi nilai rapor semester 1 sampai dengan semester 5 disertai surat keterangan peringkat nilai rapor peserta didik dari sekolah asal dengan ketentuan :

a)  Peringkat 1 sampai dengan 10 untuk akreditasi A

b)  Peringkat 1 sampai dengan 5 untuk akreditasi B

c)  Peringkat 1 untuk akreditasi C

dan hasil perlombaan dan atau penghargaan dibidang akademik maupun non akademik pada tingkat internasional, tingkat nasional, tingkat provinsi, dan /atau tingkat kabupaten/kota yang diterbitkan paling singkat 6 (enam) bulan dan paling lama 3 (tiga) tahun sejak tanggal pendaftaran PPDB (untuk jalur Prestasi)

8.      Surat Pernyataan Tanggungjawab Mutlak dari orang tua bermaterai Rp 10.000

 

B.    JALUR PENDAFTARAN

PPDB SMA Negeri 12 Bandar Lampung tahun pelajaran 2021/2022 dilaksanakan dengan menggunakan mekanisme dalam jejaring (daring/online) melalui 4 (empat) jalur pendaftaran yaitu :

1.      Jalur Zonasi,

Jalur ini diperuntukan bagi peserta didik yang berdomisili di lingkungan terdekat dengan Satuan Pendidikan yang dituju.Kuota Jalur Zonasi paling sedikit 50 % (lima puluh persen) dari  daya  tampung sekolah.

2.      Jalur Afirmasi (jalur siswa tidak mampu)

Jalur ini diperuntukan bagi peserta didik yang berasal dari keluarga ekonomi tidak mampu yang berdomisili di dalam dan di luar wilayah zonasi sekolah yang bersangkutan. Kuota Jalur Afirmasi paling sedikit 15 % ( lima belas persen) dari daya tampung sekolah.

3.      Jalur Perpindahan Tugas Orang Tua/Wali ,

Jalur ini diperuntukkan bagi peserta didik yang orang tua/walinya  telah berpindah tugas /mutasi ke daerah dimana peserta didik tinggal saat ini. Kuota Jalur Perpindahan Tugas Orang Tua/Wali paling banyak 5%  (lima  persen)  dari daya tampung sekolah.

 

4.      Jalur Prestasi,

jalur ini diperuntukkan bagi peserta didik yang berprestasi dibidang sains, Seni dan Olah Raga, serta berprestasi dibidang lainnya yang sifatnya berjenjang dari tingkat Kabupaten/Kota sampai dengan tigkat Nasional/Internasional (akademik/non akademik) .Kuota Jalur Prestasi paling banyak 30 % dari daya tampung sekolah.

 

C.    WAKTU PENDAFTARAN, PENGUMUMAN, MPLS DAN AWAL PBM

1.      Pendaftaran                                               : 27 - 30 Juni 2022

2.      Proses seleksi real time                       : 27 - 30 Juni 2022

3.      Verifikasi faktual berkas                       :  4 – 6 Juli 2022

4.      Pengumuman Hasil Seleksi                  :  8 Juli 2022

5.      Pendaftaran Ulang                                  : 11 - 12 Juli 2022

6.      MPLS kelas X                                          : 18 - 20 Juli 2022

7.      Awal PBM                                                : 18 Juli 2022

D.   DAFTAR ULANG

Calon siswa yang dinyatakan diterima harus melaksanakan daftar ulang secara online dengan ketentuan :

1.      Mengisi Formulir Daftar Ulang melalui Google Form yang disediakan sekolah tujuan.

2.      Daftar Ulang dilaksanakan pada tanggal 11 s.d 12 Juni 2022 pada pukul 07.30 s.d. 23.59 WIB.

3.      Daftar ulang dilaksanakan tanpa dipungut biaya

4.      Calon peserta didik yang diterima wajib hadir disekolah untuk melengkapi berkas daftar ulang berupa :

a.    Foto kopi Ijazah/Surat Keterangan Lulus yang telah dilegalisasi sebanyak 2  (dua) lembar;

b.   Pas foto berwarna ukuran 3 x 4 cm sebanyak 2 (dua) lembar;

c.    Surat Pernyataan Tanggungjawab Mutlak Orang Tua / wali (asli) bermeterai Rp 10.000

5.      Bagi peserta didik yang dinyatakan lulus tetapi tidak mendaftar ulang sampai  batas waktu yang ditetapkan, maka dianggap mengundurkan diri dan haknya dinyatakan gugur sebagai calon peserta didik baru.

 

E.    LAIN-LAIN

Informasi dan pengaduan PPDB SMAN 12 Bandar Lampung dapat menghubungi Call Center   08127908699, 081369797576, 081271414779                                                                       

informasi lengkap silahkan download lampiran.

Download Lampiran